Kamis, 11 Januari 2018

10 Tips Cara Hemat BBM


Bahan bakar minyak atau biasa disebut BBM adalah kebutuhan poko setiap pengendara mobil. Sebagai bahan bakar yang tidak bias diperbarui, maka harga BBM akan meningkat setiap waktunya. Mengirit BBm adalah salah satu solusi yang tepat bagi anda para pengendara mobil, selain menghemat pengeluaran menghemat BBM juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup anak cucu kita. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil anda bik mobil bensin atau mobil disesel. Pada kesempatan kali ini, Dokter Mobil akan memberikan sedikit tips bagaimana cara menghemat BBM pada mobil bensin maupun mobil diesel. Berikut adalah tips serta saran yang dapat anda gunakan :

1. Menginjak pedal gas secara perlahan

Banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa cara mereka menginjak pedal gas mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya. Jika anda menginjak pedal gas dengan keras maka mesin akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak. Untuk cobalah untuk menginjak pedal gas dengan perlahan sehingga dapat mengirit bahan bakar anda.

2. Matikan mesin saat macet

Jika anda sedang terjebak macet, apalagi saat benar – benar tidak dapat berjalan ada baiknya anda mematikan mesin mobil anda. Menyalakan mesin mobil saat tidak berjalan akan membuat bahan bakar terbuang secara percuma.

3. Jangan terlalu sering menginjak rem

Menginjak rem pada saat berjalan membuat bahan bakar mobil anda terkuras karena anda juga akan sering menginjak gas. Paculah mobil anda sesuai aturan batas kecepatan yang berlaku agar anda tidak terlalu sering menginjak rem.

4. Kondisi angina pada ban

Tekanan angina yang sesuai dapat menghemat bahan bakar anda samapi 3%. Oleh karena itu, pastikan tekanan angina pada ban anda sesuai dengan standar yang berlaku sehingga bahan bakar anda tetap awet.

5. Control kecepatan

Ada mitos yang beredar jika memacu mobil dengan kecepatan tinggi akan lebih menghemat BBM. Pada nyatanya saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 50 % karena pengaruh dari system aerodinamisnya. Dengan memacu mobil di bawah 100 km/jam, anda dapat menghemat bahan bakar sampai 25 %.

6. Menutup jendela

Saat anda melakukan perjalanan usahakan untuk menutup jendela mobil anda. Jendela mobil yang terbuka akan menambah beban dan akan membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

7. Perhatikan beban

Semakin berat beban yang anda bawa pada mobil anda, maka konsumsi bahan bakar juga meningkat karena setiap 50kg beban akan menambah konsumsi bahan bakar sebesar 2 %. Untuk itu ada baiknya jika anda membawa barang yang benar – benar anda perlukan untuk menghemat BBM pada mobil anda.

8. Keselarasan roda

Keefisiensian bahan bakar akan berkurang jika roda anda tidak selara. Untuk itu pastikan anda memeriksa keselarasan roda sehingga mampu mengoptimalkan bahan bakar anda

9. Perawatan mesin

Dengan memperhatikan peforma mesin, maka anda dapat mengoptimalkan keefisiensian bahan bakar mobil anda. Untuk itu pastikan anda melakukan servis secara berkala agar peforma mesin anda tetap stabil.

10. Menggunakan bahan bakar alternative

Menggunakan bahan bakar alternative semacam biodiesel maupun etanol merupakan cara yang paling efektif dalam menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil anda.

Itulah beberapa cara menghemat BBM pada mobil bensin dan diesel yang dapat anda gunakan. Pastikan untuk menghemat bahan bakar untuk menjaganya sehingga berguna bagi anak cucu kita kelak selain menghemat pengeluaran anda,”
Source : doktermobil.indoneka.com

SHARE THIS

0 komentar: